Meningkatkan Akses Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti, dan Ketua MWA Unpad Arief Yahya membuka Rumah Sakit Unpad di kampus Jatinangor, Senin (25/3/2024). Turut hadir juga direktur PT Jasa Medivest Beni Cahyadi di dampingi Staf Marketing PT Jasa Medivest Whendie Rossano.

“Saya optimistis rumah sakit ini akan meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas dan juga akan mengurangi beban rumah sakit lain di Jawa Barat, sehingga pada saatnya masyarakat akan mendapatkan layanan kesehatan yang lebih cepat dan lebih mudah lagi,”ujar Bey. Rumah sakit ini akan memberikan pelayanan kesehatan lebih cepat dan mudah bagi masyarakat.

Setelah pembukaan, Rumah Sakit Unpad akan digunakan untuk pendidikan oleh sivitas akademika Unpad. Saat ini, RS Unpad telah mendapat izin sebagai RS tipe C. Nantinya, layanan akan tersedia untuk masyarakat setelah mendapat izin RS tipe B.

Bey berharap RS Unpad akan menjadi pusat pendidikan, penelitian, dan pelayanan kesehatan yang unggul. Dia juga ingin RS Unpad memberikan pelayanan kesehatan berkualitas dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, RS Unpad diharapkan menjadi lokomotif dalam pengembangan layanan kesehatan di Jawa Barat. Bey menekankan pentingnya perawatan RS yang baik.

Rektor Unpad menyatakan bahwa RS ini dibangun untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan menjadi pusat pendidikan. RS Unpad akan melatih tenaga kesehatan dan mengembangkan inovasi dalam pengobatan.

Pembangunan RS Unpad dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama selesai menggunakan dana dari Unpad dan Pemprov Jabar. Perlatan kesehatan didapat dari Kementerian Kesehatan, Pendidikan, dan alumni.

Tahap kedua akan dibangun melalui program kerja sama pemerintah dan badan usaha. RS tahap 2 akan menjadi RS tipe A.

Direktur Utama RS Unpad, Herry Herman, dr., Sp.OT., PhD mengatakan bahwa tenaga kesehatan diisi oleh lima fakultas kesehatan Unpad. Staffing didapatkan dari lima fakultas tersebut.

Selain itu, dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Unpad dan BJB tentang layanan perbankan pada RS Unpad.

sumber Fasilitas RS Unpad Resmi Dibuka – Universitas Padjadjaran